Pusat Penjualan Hoist Crane

JENIS — JENIS CRANE YANG PERLU ANDA KETAHUI

Untuk membantu kegiatan dan keberlangsungan usaha, ada banyak jenis alat berat yang bisa digunakan. Salah satu alat berat yang digunakan untuk membantu kegiatan konstruksi di lapangan adalah crane. Crane jadi salah satu alat pengangkat berat yang biasa digunakan untuk konstruksi dan pembuatan bangunan-bangunan dengan ukuran dan luas yang sangat besar. Alat ini menjadi yang cukup penting dalam pengerjaan konstruksi suatu bangunan karena berfungsi sebagai alat yang memindahkan material secara horizontal.

CRANE

Alat berat yang sering kita lihat ini mungkin sangat mudah dikenali karena bentuk fisiknya yang besar dan warna kuning yang mencolok. Tapi di luar dari itu, ternyata crane juga memiliki macam-macam dan fungsi yang beragam. Crane untuk memindahkan material secara horizontal tidak sama dengan truk crane yang bisa berputar 360 derajat. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut macam-macam crane yang perlu Anda ketahui

  • TOWER CRANE

Tower crane jadi salah satu crane yang paling mudah diketahui oleh banyak orang awam. Penggunaan crane yang satu ini sering digunakan untuk pembangunan gedung bertingkat yang membutuhkan akses untuk mencapai ruang-ruang yang berada di atas gedung.

Sebuah jembatan juga biasa dibangun dengan tower crane ini, tidak hanya itu sebuah tower crane juga biasa digunakan untuk mengangkut bahan-bahan pengecoran gedung bertingkat.

  • CRANE CRAWLER

Selain tower crane yang sering dilihat saat sebuah bangunan konstruksi, ada juga crane crawler yang bisa digunakan dengan efektif. Jika sebuah tower crane perlu dibangun terlebih dahulu sebelum bisa digunakan, sebuah crane crawler justru “dikirimkan” dengan truk untuk bisa digunakan di lokasi konstruksi.

Crane crawler pun juga bisa digunakan dengan cukup mudah karena dilengkapi dengan roda rantai. Roda rantai yang ada di crane ini hampir bisa digunakan di segala medan konstruksi.

Hoist crane cukup berbeda dengan dua crane sebelumnya karena digunakan untuk memindahkan material dengan cara maju mundur. Selain itu, hoist crane juga ditempatkan di langit-langit gudang atau bangunan. Namun walaupun begitu, hoist crane tidak menutup kemungkinan untuk digunakan di luar ruangan.

Sebuah hoist crane biasa digunakan oleh pabrik, warehouse, atau gudang yang memiliki mobilitas perpindahan barang-barang yang cepat. Ada rel-rel khusus yang digunakan untuk hoist crane bisa berjalan secara maju mundur.

  • TRUCK CRANE

Crane jenis ini bisa dikatakan jadi crane yang cukup efisien untuk penggunaan luar ruangan. Tidak perlu truk untuk bisa mengangkut crane ke tempat pembangunan karena truk yang ada di crane ini bisa langsung membawa crane ke lokasi pembangunan.

Truck crane membutuhkan sebuah pondasi yang berupa tiang untuk menjaga keseimbangan. Di luar dari efisiensi truck crane yang bisa langsung digunakan, ternyata truck crane juga dapat berputar 360 derajat.

  • HYDRAULIC CRANE

Penggunaan sistem hydraulic (minyak) dan pheneumatik (udara) jadi ciri khas crane yang satu ini. Sayangnya perputaran crane ini hanya mampu mencapai 180 derajat dan tidak untuk penggunaan yang berpindah-pindah.

Industri yang menggunakan crane jenis hidraulik ini di dominasi oleh bagian pergudangan, bengkel yang memiliki struktur bangunan sederhana.

Historical Jumper

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store